kasep's blog


Zaman sekarang memang perlu diakui semua kebutuhan semakin lama semakin mahal, mengandalkan gaji bulanan dari kantor adalah tindakan yang berbahaya. Apalagi ada kemungkinan karir di kantor bisa mendadak berhenti dan kalau Anda tidak memiliki antisipasi dijamin kelabakan memenuhi kebutuhan yang terus menuntut untuk dipenuhi. Tidak mengherankan jika semakin banyak orang yang berpikir keras menghasilkan ide-ide baru untuk menjalankan bisnis sendiri meskipun masih aktif bekerja, dan jam kerja di kantor bukanlah jam kerja yang pendek.

 

Tips Mendirikan Bisnis Saat Masih Bekerja

 

Aktif bekerja di kantor tentu tidak menutup kemungkinan Anda bisa mendirikan bisnis sendiri supaya penghasilan meningkat. Sekalipun karir berhenti di tengah jalan Anda masih bisa mendapatkan sumber pemasukan, dan berikut tips yang bisa diperhatikan:

 

1.       Baiknya memilih bisnis yang disukai,

Jenis bisnis ada banyak dan semuanya memang pada dasarnya bisa dijadikan sampingan sehingga merintis dalam skala kecil dahulu. Tentukan bidang bisnis dengan tepat tatkala masih menyandang status sebagai karyawan di sebuah perusahaan. Salah satunya memilih yang disukai supaya tidak mudah putus asa dan menyukai semua kegiatan terkait bisnis tersebut.

 

2.       Gunakan modal dalam jumlah terbatas dulu,

Sebagai langkah aman mengembangkan bisnis sembari masih menjaga reputasi dan tanggung jawab di kantor tempat Anda bekerja. Maka usahakan merintis bisnis kecil-kecilan dulu sehingga Anda bisa menanamkan modal dalam jumlah terbatas. Sebab dalam dunia bisnis semakin kecil modal yang Anda gelontorkan otomatis resikonya pun akan mengikuti, yakni sama kecilnya. Meskipun keuntungannya juga terbatas namun setidaknya Anda belajar berbisnis tanpa tertekan karena masih berpenghasilan dari kantor.

 

3.       Selalu disiplin,

Kedisiplinan menjadi bumbu utama yang wajib dimasukkan ketika meracik sebuah jalur bisnis selagi masih aktif bekerja. Pasalnya Anda memiliki dua kesibukan dan tidak akan berdampak baik jika keduanya dicampur aduk begitu saja. Kalau Anda tidak disiplin maka tubuh akan mudah lelah dan pikiran mudah depresi karena rangkaian kesibukan yang tanpa mengenal batas akhir. Baiknya bekerja secara efisien sehingga mengurangi jam lembur di kantor dan ketika sampai di rumah bisa fokus mengurus bisnis yang dijalankan. Jam istirahat Anda pun masih terbilang cukup.

 

4.       Menyiapkan orang yang bisa dipercaya,

Bisnis yang Anda rintis selagi masih bekerja bisa jadi hanya bisnis kecil-kecilan namun sekecil apapun itu Anda tentu sudah keluar uang. Harapan utamanya tentu saja bisnis tersebut dapat berkembang dan ketika tidak bisa ditangani sendiri maka carilah orang kepercayaan. Bisa dengan meminta bantuan dari keluarga atau pasangan di rumah, sehingga selagi bekerja di kantor bisnis tersebut berjalan sesuai harapan. Sepulang kerja Anda bisa langsung mengambil alih tugas menjalankan bisnis tersebut. 

Jan 18 '18 · 0 comments


 

Dalam melakukan investasi, ada banyak hal yang dapat untuk Anda jadikan sebagai untuk berinvestasi., karena untuk berinvestasi tidak harus dalam bentuk tanah, bangunan, rumah, deposito atau yang lainnya, karena masih ada cara lain untuk melakukan investasi dengan cara yang jauh lebih unik dan tentunya cukuplah berbeda dari yang melakukan investasi yang lainnya. Sedangkan untuk melakukan investasi adalah hal yang sangatlah penting untuk dilakukan agar kehidupan masa depan pun tetap terjaga dengan baik dan tentunya dengan melakukan investasi pada saat memiliki kebutuhan mendesak tidak akan membuat diri Anda kebingungan mencari uang pinjaman.

 

Dengan melakukan investasi, maka setiap orang pun juga dapat untuk mempersiapkan segala masa depannya dengan sebaik mungkin, termasuk dalam keuangan yang memang harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Namun sayangnya dibalik dari pentingnya melakukan investasi ini pun juga masih ada banyak para masyarakat yang beranggapan bahwa melakukan investasi akan membutuhkan banyak biaya, padahal tidak semua investasi yang dilakukan akan membutuhkan banyak uang, dengan begitu maka Anda dapat untuk mengintip pada beberapa cara berikut.

 

Berikut ini investasi unik yang dapat Anda lakukan:

 

1.       Action figura.

Untuk mainan yang memiliki bentuk seperti patung berbentuk kecil ini memiliki harga yang cukuplah mahal dan untuk mainan ini pun juga dapat untuk Anda jual kembali, sehingga hal inilah yang menjadikan investasi yang dapat Anda lakukan.

 

2.       Barang antik.

Barang antik memang sudah terkenal dengan harganya yang mahal, sehingga Anda dapat untuk berinvestasi dengan melalui barang-barang antik.

 

3.       Tas branded.

Bagi para wanita yang menyukai tas branded bisa juga dijadikan sebagai investasi, karena harga mahal yang Anda beli dapat Anda jual kembali jika Anda sudah bosan dengan tas yang Anda miliki.

 

Agar Anda tidak salah dalam melakukan investasi seperti yang ada di atas, maka Anda dapat untuk melakukan beberapa hal berikut ini:

 

1.       Untuk benda-benda koleksi maka Anda dapat untuk memilih benda dengan kondisinya yang di atas 90 persen, karena hal ini akan memberikan nilai yang jauh lebih tinggi.

2.       Pilihlah barang-barang yang memiliki keaslian, karena untuk barang yang original akan memiliki harga yang ,mahal.

3.       Selalu perhatikan pada tata cara dalam penyimpanannya agar benda-benda ini tetap terjaga dengan sebaik mungkin.

 

Melakukan investasi dengan cara yang jauh lebih unik dan berbeda dari jenis investasi yang lainnya tidak hanya menjadikan hal yang menyenangkan saja, akan tetapi untuk melakukan investasi yang unik ini pun juga mampu untuk menghasilkan banyak uang yang tidak akan membuat diri Anda merasa kecewa pada saat ingin menjualnya kembali. Termasuk bagi Anda yang menyukai untuk mengoleksi barang-barang antik atau action figura maka cukuplah berbangga, karena hobi Anda pun dapat untuk menghasilkan banyak uang yang tidaklah sedikit.

 

Jan 18 '18 · 0 comments


 

Liburan memang tidak harus mengeluarkan banyak uangnya, karena memang untuk liburan tentunya membutuhkan suatu hal yang menyenangkan. Namun dibalik dari hal yang menyenangkan itulah yang menjadikan diri Anda harus memikirkan pada budget yang nantinya harus Anda keluarkan selama liburan. Banyak orang yang beranggapan bahwa liburan akan membutuhkan banyak uang, akan tetapi tidak semua liburan akan membutuhkan banyak uang, karena masih ada cara lain yang dapat Anda lakukan agar Anda bisa untuk melakukan liburan menyenangkan tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

 

Jika Anda ingin mengagendakan liburan bersama keluarga, teman, bersama pasangan atau dengan yang lainnya, maka Anda dapat untuk mengikuti pada beberapa tips yang ada di bawah ini yang akan membantu diri Anda agar tetap bisa melakukan liburan yang menyenangkan tanpa harus takut kantong Anda bolong, dengan begitu maka Anda jauh lebih bisa menghemat keuangan Anda, sekaligus Anda juga bisa untuk mengunjungi destinasi tempat yang menyenangkan sesuai dengan tujuan Anda.

 

Jika Anda ingin berhemat pada saat liburan, maka Anda dapat untuk memperhatikan pada beberapa hal yang ada di bawah ini:

 

1.       Pilihlah tempat yang tepat untuk mengisi hari liburan Anda yaitu dengan memilih tempat liburan yang tidak harus membayar mahal pada tiket masuknya, sehingga pilihlah tempat wisata yang menyediakan tiket masuk yang murah, Karena untuk tiket masuk dengan harga yang murah bukan berarti memberikan destinasi wisata yang kurang bagus.

2.       Anda dapat untuk melakukan liburan yang dapat ditempuh dengan mengendarai mobil, dengan begitu maka Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli tiket pesawat,

3.       Tidak ada salahnya jika Anda membawa makanan dari rumah, baik untuk bekal makan, cemilan dan yang lainnya, karena ditempat wisata akan memiliki harga yang jauh lebih mahal.

4.       Berliburan tidak perlu mengutamakan kemewahan, namun utamakan kenyamanan selama liburan.

 

Liburan memang suatu hal yang sangatlah menyenangkan, banyak para masyarakat yang ingin hari liburnya diisi dengan pergi ke suatu tempat yang belum pernah dikunjungi, sehingga pergi liburan bersama keluarga, bersama teman, bersama pasangan atau yang lainnya tetap bisa Anda lakukan tanpa harus mengeluarkan budget yang banyak, sehingga Anda dapat mengikuti pada beberapa langkah yang ada di atas.

 

Sebelum liburan maka sangat baik jika Anda melakukan segala persiapannya dengan sebaik mungkin, agar Anda tetap bisa melakukan segala halnya selama masa liburan dengan sebaik mungkin, dengan begitu maka Anda tidak perlu lagi kebingungan untuk melakukan persiapan, dengan begitu maka Anda bisa untuk mengikuti pada setiap langkah-langkah yang ada di atas agar Anda bisa untuk melakukan liburan tanpa harus menguras banyak uang di kantong.

Jan 18 '18 · 0 comments

Pastinya banyak hal yang menjadi pertimbangan Anda ketika ingin membeli sebuah kendaraan baru bukan, tak hanya dari segi biaya pembelian awal saja, melainkan juga kemungkinan biaya lain yang nantinya akan timbul, misalnya adalah biaya perawatan dan yang tak kalah penting adalah bahan bakar, karena semakin sering digunakan pastinya menuntut pemilik untuk mengeluarkan biaya lebih untuk bahan bakar mobil tersebut, sehingga pastikan bahwa Anda sudah mempersiapkan hal ini, apalagi siklus harga bahan bakar belakangan mulai mengalami kenaikan.

 

Ada beberapa hal lainnya yang juga harus dipersiapkan untuk menunjang kenyamanan dan keamanan, diantaranya adalah dengan mengikuti sebuah program asuransi kendaraan, asuransi adalah sebuah produk yang dikhususkan untuk melindungi kendaraan Anda dari berbagai macam resiko seperti halnya lecet atau kecelakaan hingga kehilangan. Dengan memiliki asuransi setidaknya nantinya Anda akan sangat tenang berhubungan dengan resiko-resiko tersebut. Kendaraan baru meskipun pada dasarnya masih sangat nyaman untuk digunakan karena setiap mesinnya ori dan juga lengkap, namun tidak bisa asal langsung pakai.

 

Untuk menunjang performanya yang kian bagus, sebaiknya dilakukan inreyen terlebih dahulu. Istilah yang satu ini mungkin sudah tidak begitu asing lagi bagi Anda. Yaitu menggunakan kendaraan pada kecepatan yang tinggi sehingga memungkinkan performanya bisa berjalan dengan optimal, pada penggunaan selanjutnya pengemudi juga bisa merasakan kenyamanan karena sudah dilakukan inreyen ini, adapun setidaknya beberapa tips untuk melakukannya, diantaranya adalah:

 

  1. Lakukan inreyen di jalanan yang lengang, penting untuk memilih kondisi jalan yang lengang, mengingat sangat beresiko melakukannya di jalanan yang padat akan pengguna yang lainnya. sehingga pilihlah waktu terbaik ketika akan melakukan kegiatan yang satu ini, biasanya pada pagi hari sehabis subuh, ini adalah waktu terbaik.
  2. Pilihlah jalanan yang juga kondisinya baik, mengendarai pada jalanan yang kondisinya banyak tambalan lubang ini penuh dengan resiko. Apalagi nantinya Anda akan melakukannya dengan kecepatan yang sangat tinggi. Jadi pastikan jalan yang digunakan mulus.
  3. Berkendara dengan kecepatan naik secara berkala, artinya jangan langsung mengendarainya dengan kecepatan yang tinggi, karena bagaimanapun hal ini bisa menjadi kejut bagi kendaraan, apalagi yang masih baru karena langsung dipakai berkendara cepat, mulailah secara bertahap dari jarak tempuh yang terbilang kecil kecepatannya, hingga berkala nantinya naik sampai kecepatan yang tinggi. Pastikan untuk menggunakannya hingga jarak 1000 meter.

 

Inreyen ini sangatlah penting dilakukan pada kendaraan baru sehingga performanya kian maksimal ketika dikendarai. Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah teknik-teknik keamanan dalam melakukannya. Karena sering kali proses yang satu ini justru menyebabkan kendaraan menjadi mudah rusak jika tidak dilakukan secara benar, mobil terkejut sehingga mesinnya tidak bekerja optimal.

 

Jan 14 '18 · 0 comments


 

Knalpot merupakan bagian kendaraan yang paling sering dimodifikasi oleh pemiliknya. Tidak hanya untuk kendaraan sepeda motor saja, tetapi mobil juga bisa untuk memodifikasi knalpotnya sehingga mendapatkan fungsi yang diinginkan. Modifikasi knalpot tersebut sendiri biasanya mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk dapat membuat mobil mempunyai tampilan yang lebih baik, mempunyai suara yang lebih gagah, dan juga karena bisa untuk lebih irit dan hemat apabila menggunakan jenis knalpot yang tepat. Bagi pemilik mobil sendiri sebelum memilih knalpot untuk modifikasi yang tepat ada beberapa tips yang bisa digunakan ketika memilih knalpot tersebut. Beberapa tips yang bisa digunakan misalnya:

 

  1. Memperhatikan saluran gas buang pada knalpot mobil

Tips pertama untuk memilih knalpot yang tepat adalah dari saluran gas buangnya. Anda bisa untuk memilih knalpot yang akan dapat untuk membuat pengeluaran lebih irit karena lebih hemat bahan bakar. Oleh karena itulah bisa untuk memilih knalpot modifikasi yang tepat dilihat dari gas buang knalpot mobil tersebut. Misalnya untuk mendapatkan knalpot dengan variasi yang terbaik pilihlah yang mempunyai struktur header gas buang, muffler, dan juga resonator sehingga mendapatkan gas buang yang terbaik dan sangat irit untuk digunakan di mobil.

 

  1. Memperhatikan header knalpot yang tepat

Ketika akan memilih knalpot yang tepat untuk digunakan pada mobil adalah dengan memilih header knalpot racing. Pilihlah knalpot yang terbaik untuk mengganti knalpot bawaan dari mobil. Tetapi juga harus memperhatikan untuk mengganti header knalpot sehingga hasilnya akan lebih memuaskan. Pilihlah header yang sesuai dengan knalpot yang telah dipilih karena akan mempengaruhi performa dari knalpot yang Anda pilih. Seperti performa tarikan atas dan juga tarikan bawah dari knalpot mobil yang digunakan.

 

  1. Perhatikan untuk mengganti pipa knalpot

Tips selanjutnya untuk memilih knalpot yang akan diganti adalah dengan memperhatikan pipa knalpotnya. Ketika akan mengganti knalpot sebaiknya Anda juga mengganti pipa knalpot selain dengan mengganti header knalpot mobil. Dengan mengganti pipa knalpot tersebut juga nantinya akan dapat untuk menambah performa knalpot mobil yang akan Anda gunakan.

 

  1. Memperhatikan model muffler dan juga ukuran idealnya

Dan tips terakhir ketika akan membeli knalpot mobil adalah dengan memperhatikan variasi model knalpotnya. Dimana model knalpot tersebut akan menentukan suara yang dihasilkan oleh model yang telah dipilih. Perhatikan juga untuk mengganti muffler atau mulut knalpot untuk mendapatkan suara yang diinginkan dan juga bisa serasi dengan tampilan dan performanya. Dan terakhir adalah dengan memperhatikan ukuran knalpot yang terbaik. Pastikan Anda untuk memilih ukuran yang tepat. Dimana di pasaran sendiri ada beberapa ukuran yang ada dan bisa dipilih dari performa yang ditawarkan dan diinginkan oleh pemilik mobil.

 

Jan 14 '18 · 0 comments


 

Lampu menjadi komponen yang sangat penting pada sebuah mobil. Pasalnya, lampu mobil ini dapat berguna untuk menjaga pengemudinya agar tetap aman dan nyaman saat sedang mengendarai mobilnya, juga berguna bagi orang lain sebagai penanda adanya kendaraan lain di dekat mereka, terutama saat malam hari. Namun, jika usia mobil sudah menginjak waktu tertentu, maka sering kali lampu tersebut dapat rusak dan tidak menyala terlalu terang, apalagi jika dilihat dari bangku pengemudi. Memang hal ini tidak hanya bisa disebabkan karena usianya saja, namun karena beberapa hal yang lain.

 

Berikut ini adalah alasan mengapa lampu mobil sering tidak terang:

 

  • Film kaca depan sangat gelap atau memiliki kadar kegelapan lebih dari 60%. Lebih baik menggunakan kaca film yang memiliki kegelapan dibawah 40%.
  • Bisa juga dikarenakan mika lampu utama atau head lamp mulai berwarna kekuningan dan membuatnya menjadi buram, maka lampu pun akan terasa gelap.
  • Bisa juga disebabkan karena reflector dari lampu utama mengalami kerusakan.
  • Lampu tidak terang bisa juga disebabkan karena lampu tersebut sebentar lagi akan putus atau rusak.

 

Hal-hal diataslah yang sering kali menyebabkan lampu mobil Anda bersinar dengan kurang terang jika dilihat dari bangku pengemudinya. Untuk membuatnya agar lebih terang, Anda bisa mencoba satu solusi yang pastinya sangat ampuh dan sangat efektif untuk lampu tersebut. Anda bisa menambahkan set relay dan mengganti lampu-lampu tersebut dengan yang memiliki daya lebih besar. Jika ingin menggunakan yang lebih besar, Anda harus sekali menambahkan rela set ini agar lebih aman dan tahan lama.

 

Relay set sendiri adalah sebuah komponen elektrik yang diperuntukkan bagi kendaraan dan memiliki fungsi untuk memperbesar daya atau arus listrik yang mengalir menuju komponen seperti lampu. Set tersebut memiliki 3 macam, yaitu rela pembagi, relay lampu pendek, dan relay lampu jauh. Pemasangan benda ini pun sangat mudah, sehingga memampukan Anda untuk menggantinya secara mandiri di rumah. Jika kurang yakin, Anda bisa membawanya ke bengkel langganan Anda atau bengkel terdekat. Harganya pun tidak terlalu mahal dan cukup terjangkau.

 

Ada pun beberapa keuntungan yang bisa Anda dapat dengan menggunakan relay set tersebut. Berikut adalah keuntungannya:

 

  1. Yang pasti, lampu mobil Anda akan lebih terang, terutama pada lampu utama atau head lamp.
  2. Saklar lampu menjadi lebih tahan lama dan juga tidak cepat rusak karena relay ini tidak menimbulkan panas yang berlebihan.
  3. Lampu juga jadi semakin awet dan tahan lama dikarenakan arus listrik yang masuk selalu stabil.
  4. Dengan lampu yang terang, hal ini akan memudahkan sang pengemudi dalam hal penglihatan dari kursi pengendaranya untuk dapat melihat jelas di malam hari, saat hujan, bahkan berkabut sekali pun.

 

Jan 14 '18 · 0 comments


 

Berkendara menggunakan mobil pribadi sendiri memang jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan naik kendaraan umum, karena jauh lebih murah disertai dengan jaminan waktu, ingin berangkat kapanpun pasti bisa. Namun tentunya juga ada beberapa resiko yang harus ditanggung, salah satu diantaranya adalah kemungkinan kendaraan mogok di jalan. Masalah yang satu ini memang paling sering terjadi, bahkan tidak menjamin bahwa kendaraan baru juga akan terbebas dari mogok, karena pada dasarnya memang masalah semacam ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor dan kendaraan jenis apapun.

 

Umumnya mereka yang sudah cukup ahli tentunya tidak masalah untuk mengatasinya sendiri, namun tidak bagi beberapa golongan orang yang terbilang masih awam dengan yang namanya mesin, paling aman memang dengan memanggil bengkel, hanya saja perhatikan juga posisi dimana Anda berada, jika memang lokasinya cukup ramai dengan kendaraan lain berlalu lalang, maka bisa dengan mudah meminta bantuan, bagaimana jika tidak? Untuk lebih amannya, maka berikut ini ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya, diantaranya adalah:

 

  1. Tepikan kendaraan, setidaknya ubah posisi sehingga bisa jadi lebih aman, jangan biarkan kendaraan Anda berada di tengah-tengah jalan dan menganggu kendaraan yang lain untuk lewat, setidaknya cari tempat yang agak teduh dan mulailah untuk mencari tau penyebab mobil mogok tersebut.
  2. Mengecek bagian suplay daya, bagian utama yang bisa diperhatikan ketika kendaraan tiba-tiba mogok adalah suplay dayanya, yaitu bagian aki, karena bisa jadi matinya mesin disebabkan oleh hal yang satu ini. Karena mesin tidak akan bisa hidup lagi ketika bagian aki atau koil yang bermasalah, coba periksa sambungan tutupnya, biasanya bagian tersebut mulai berkarat dan pastikan agar tidak kendor agar nantinya daya bisa hidup kembali. Coba untuk melakukan starter.
  3. Memeriksa bagian pengapian, berlanjut ke bagian pengapian jika ternyata setelah diperiksa tidak terjadi masalah apapun pada bagian daya, komponen ini terdiri dari 3 bagian, diantaranya adalah busi, kemudian juga platina dan satu lagi diantaranya adalah distributor. Jika masalah terjadi pada busi coba cabut kemudian bersihkan dan pasang kembali, coba untuk menghidupkan mobil.
  4. Suplay bahan bakar, masalah lainnya juga bisa terjadi karena saluran yang menyuplay bahan bakar tersebut tidak mengalir dengan lancar, sehingga menyebabkan mesin juga tidak bisa hidup, atau bahkan kelalaian dari pengendara sendiri yang lupa untuk mengisi bahan bakar kendaraan tersebut sehingga kehabisan di tengah jalan. Untuk itu pastikan sebelum bepergian jarak jauh maka pastikan selalu mengecek kecukupan bahan bakar kendaraan yang akan dipakai.

 

Adapula beberapa hal yang lebih rumit lagi menyebabkan kendaraan mengalami mogok seperti over head. Untuk hal semacam ini harus diatasi tenaga ahli.

 

Jan 14 '18 · 0 comments · Tags: mobil


Di Indonesia, terdapat ratusan atau bahkan ribuan perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, mulai dari produksi hingga jasa. Perusahaan-perusahaan ini mencari profit dengan memanfaatkan sumber daya alam atau sumber daya manusia, atau bahkan keduanya di Indonesia ini. Ratusan juta hingga triliunan rupiah mengalir deras ke dalam kantong pendapatan mereka berkat sumber daya negeri ini.

Mengingat begitu banyak hal yang bisa perusahaan dapatkan dari negeri Indonesia ini, tentu bukan hal aneh jika mempertanyakan kontribusi perusahaan-perusahaan ini mengenai apa yang dapat mereka berikan bagi masyarakat Indonesia. Biasanya, perusahaan-perusahaan ini memiliki apa yang disebut sebagai corporate social responsibility. Corporate social responsibility ini bisa bermacam-macam bentuknya, tergantung inovasi dan komitmen dari masing-masing perusahaan. Umumnya, perusahaan memilih bentuk yang paling mudah yakni dengan memberikan bantuan finansial kepada masyarakat sekitar lokasi industri.

Lain halnya dengan APRIL Group, anak perusahaan dari Royal Golden Eagle Group yang dimiliki oleh pengusaha ternama Sukanto Tanoto. APRIL sangat serius dan tidak meremehkan persoalan corporate social responsibility ini. Sesuai dengan komitmennya untuk menempatkan kepentingan serta kebutuhan masyarakat dalam top list prioritas mereka, APRIL Asia tak hanya menggelontorkan dana miliaran rupiah untuk sekedar bantuan finansial melainkan juga untuk program-program inovatif dan solutif lain yang manfaatnya tidak bersifat instan melainkan dapat dinikmati dalam jangka panjang. APRIL Indonesia memfokuskan sasaran corporate social responsibility mereka dalam dunia ekonomi, pendidikan, serta usaha kecil menengah (UKM). Sebab, 3 hal inilah yang menjadi landasan dalam kesejahteraan masyarakat, ditambah juga dengan perbaikan infrastruktur demi kenyamanan masyarakat dalam menjalankan aktivitas terutama yang berkaitan dengan roda perekonomian.

Salah satu program APRIL yang mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat dan terbukti sukses hasilnya ialah program mitra binaan. Koperasi Karya Bersama telah membuktikan keberhasilannya melalui program mitra binaan yang diadakan oleh APRIL Group ini. Koperasi yang didirikan oleh beberapa warga asli Tanjung Padang, Riau. Tujuannya, untuk menyejahterakan serta memperbaiki kualitas hidup masyarakat sekitar. Sejak menjadi mitra binaan dari APRIL, koperasi ini menyediakan beberapa alat untuk keperluan industri seperti speed boat, water tank, hingga truk yang dibutuhkan keberadaannya oleh PT Riau Andalan Pulp and Paper yang masih anak perusahaan dari APRIL Group. Koperasi Karya Bersama ini pun terus menuai hasil dan semakin berkembang, bahkan hingga mampu menyediakan lapangan kerja yang layak bagi penduduk sekitar. Hasil baik yang ditunjukkan oleh Koperasi Karya Bersama ini membuatnya mendapat kepercayaan dari PT RAPP untuk mengelola kebun bibit pada tahun 2015 silam.

Untuk terus mengembangkan kualitas organisasi yang menjadi mitra binaannya, PT RAPP juga rutin menyelenggarakan sejumlah pelatihan yang beragam jenisnya, seperti manajemen, perdagangan, ataupun teknologi demi meningkatkan skill dari anggotanya. Ini tentu sangat dirasakan manfaatnya oleh para anggota Koperasi Karya Bersama. Berkat program mitra binaan dengan APRIL Group ini, Koperasi Karya Bersama pun kini sukses besar dengan omset mencapai 50 hingga 60 juta setiap bulannya, dapat membuka lapangan pekerjaan, serta mewujudkan cita-cita awalnya untuk menyejahterakan serta memperbaiki kualitas kehidupan dan bersahabat dengan masyarakat sekitar.


 , 

 

 

Jan 3 '18 · 0 comments · Tags: sukanto tanoto