kasep's blog

 

Berbicara mengenai pernikahan tentunya menjadi hal yang begitu di idam-idamkan setiap orang bukan, apalagi bagi Anda yang mungkin sudah menjalin status pacaran dengan lawan jenis sejak lama. Hanya saja terkadang hal ini terkendala akan biaya yang cukup mahal. Sehingga butuh perencanaan keuangan sedini mungkin untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Apalagi pernikahan di Indonesia memang bukanlah perkara yang murah, apalagi bagi beberapa suku tertentu yang nominal maharnya dipatok cukup mahal.

 

Bukan hanya Anda sebagai pria saja, melainkan wanita atau pasangan juga harus ikut serta berkontribusi di dalam mewujudkan hal tersebut. Untuk itu ikuti tips atau kiatnya berikut ini, yaitu:

 

  1. Susun terlebih dahulu daftar kebutuhan untuk pernikahan. Seperti yang diketahui bahwa memang hal-hal yang harus dipersiapkan dalam pernikahan sangatlah banyak. Untuk itu paling tidak harus Anda catat terlebih dahulu, termasuk diantaranya adalah reng-rengan biaya yang dibutuhkan, mulai diantaranya adalah hantaran, mahar, biaya ke KUA, sewa gedung dan juga dekorasi hingga cateringnya, undangan, souvenir dan yang lain sebagainya. Jika Anda sudah mengetahui nominalnya, maka nantinya sudah ada target berapa setidaknya dana yang harus dikumpulkan dan dalam jangka waktu berapa lama dapat mengumpulkannya agar keinginan untuk menikah dapat segera terwujud.
  2. Menekan pengeluaran sehari-hari, setelah Anda tahu berapakah besaran uang atau dana yang dibutuhkan untuk menikah tersebut, maka upaya selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menekan biaya kebutuhan sehari-hari Anda. Sehingga nantinya ada lebih banyak uang yang dapat di save, jangan hanya berjuang sendiri, melainkan lakukanlah dengan pasangan Anda.
  3. Menghindari kencan mewah, kencan tetap menjadi hal penting yang dilakukan dengan pasangan untuk mempererat hubungan asmara, namun karena disini Anda sudah memiliki target secara jelas, ada baiknya untuk memilah-milih tempat kencan, setidaknya Anda bisa mulai menghindari kencan mewah yang menghabiskan terlalu banyak dana. Pilah-pilih tempat untuk makan dan sejenisnya, jadi uang untuk hal-hal yang sifatnya kurang begitu penting ini nantinya dapat Anda kurangi, fokusnya adalah untuk ditabung.
  4. Lunasi terlebih dahulu tagihan-tagihan yang ada sebelum membengkak, jangan hanya fokus pada biaya pernikahan, melainkan yang tidak kalah penting adalah dengan memperhitungkan tagihan atau hutang yang masih Anda miliki tersebut. Karena jika dibiarkan lama-lama hutang akan semakin membengkak, belum lagi Anda juga memiliki target untuk segera membina hubungan rumah tangga dengan pasangan, sebisa mungkin jika memang keuangan atau income mencukupi hendaknya harus dilunasi terlebih dahulu.
  5. Belilah kebutuhan pernikahan secara perlahan atau dicicil terlebih dahulu, agar kesannya tidak terlalu memberatkan, maka ada kiat yang bisa Anda coba, yaitu dengan mencicil pembelian satu persatu, jangan sekaligus.
  6. Persiapkan dana darurat, meskipun sudah rancangan pengeluaran secara pasti, tidak menutup kemungkinan jika seandainya nanti akan ada hal-hal yang tidak terduga membutuhkan pengeluaran. Untuk itu maka sangat dianjurkan bagi Anda mempersiapkan dana darurat juga untuk hal-hal yang sifatnya tidak terduga, jadi jika seandainya ada kebutuhan tambahan, maka tidak perlu lagi untuk berhutang.

 

Itulah setidaknya perencanaan keuangan yang bisa Anda terapkan untuk bisa segera naik ke pelaminan, mewujudkan pernikahan impian bersama dengan pasangan Anda. Mengingat bagaimanapun setiap orang memang membutuhkan pasangan hidup dan jika sudah menemukan yang terbaik, sudah pasti ingin segera membawa hubungan tersebut ke jenjang yang lebih serius bukan.

 

sumber : https://ilovelife.co.id/blog/tips-manajemen-perencanaan-keuangan-keluarga-muda/

May 3 '20 · 0 comments · Tags: keuangan