kasep's blog

 

Seiring dengan bertambahnya usia kemampuan tubuh di dalam bekerja juga semakin turun, hal inilah yang membuat Anda akan lebih mudah terserang penyakit, diantaranya adalah penyakit-penyakit berbahaya. Sebagai anak tentunya sudah menjadi sebuah kewajiban untuk merawat orang tua yang sakit tersebut, sebagai bakti karena dulunya semasa kecil juga selalu dirawat dan dibesarkan dengan penuh kasih sayang. Beberapa jenis penyakit mungkin tidak bisa dilakukan perawatan di rumah, sehingga mau tak mau maka harus dibawa berobat ke rumah sakit.

 

Namun ada pula jenis penyakit yang bisa dilakukan perawatan jalan, sesekali nantinya dibawa ke rumah sakit, namun tak perlu di rawat inap. Sehingga tak membutuhkan jasa dari perawat yang ada di sana, sepenuhnya tanggung jawab buah hai dalam merawat orang tuanya yang tengah sakit tersebut. Berbicara mengenai perawatan bagi orang tua yang sudah sakit ini tentunya tidak bisa dilakukan sembarangan, karena bagaimanapun akan mempengaruhi psikis dan juga kesembuhan mereka kedepannya.

 

Berikut ini beberapa kiat yang bisa Anda aplikasikan untuk merawatnya, diantaranya adalah:

 

1.       Pastikan kondisi kamar perawatan mereka nyaman dan juga bersih, apalagi bagi orang tua yang sedang sakit dan hanya bisa berbaring di atas ranjang saja, maka kondisi kamar harus diperhatikan dengan benar. Akan lebih baik menempatkannya pada kamar yang cerah dan juga bisa terkena sinar matahari secara langsung.

2.       Jaga kebersihan tubuh mereka, orang tua yang sakit dan tidak bisa terlalu banyak bergerak, maka mau tak mau untuk menunjang kebutuhan seperti mandi, buang air kecil maupun besar juga harus diatur oleh buah hatinya, karena memang mereka tak akan bisa melakukannya sendiri. Anda bisa menunjangnya dengan mengenakan popok Confidence, popok dewasa yang paling tidak akan jauh lebih praktis digunakan, juga membuat orang tua nantinya akan tetap bersih meskipun harus buang air di atas tempat tidurnya.

3.       Ajak mengobrol, jangan diamkan mereka atau bahkan di tinggal bekerja, sebagai anak yang baik, maka dianjurkan untuk menemani orang tua yang sedang sakit tersebut meskipun tidak begitu lama, paling tidak Anda bisa mengajaknya untuk mengobrol meskipun tidak lama, guna mencegah mereka terkena stress karena selalu dibiarkan sendirian dan juga sunyi.

4.       Sebaiknya jangan memaksanya untuk makan, ketika sudah sakit maka orang tua juga akan tampak seperti anak kecil, dimana nantinya akan menjadi sulit untuk makan. Namun ada baiknya untuk tidak memaksa mereka makan, akan lebih aman menunggunya sampai lapar. Biasanya jika sudah lapar maka dengan sendirinya mereka mau untuk makan. Pilihkan juga menu makanan kesukaannya, namun tetap sehat dan aman dikonsumsi.

5.       Tawarkan sesuatu, sesekali tawari mereka dengan sesuatu yang disukai, misalnya adalah makanan atau dengan mengajaknya keluar, paling tidak hal ini akan memperbaiki mood atau suasana hati yang tidak begitu baik.

6.       Ajak jalan-jalan, sesekali orang tua yang sedang sakit juga butuh untuk melihat pemandangan di luar, maka ada baiknya mengajak mereka untuk jalan-jalan, tempatkan mereka di atas kursi roda, kemudian dorong dan ajak berkeliling di luar agar tidak mudah stress.

 

Bisa dikatakan merawat orang tua sakit bisa jauh lebih sulit dibandingkan dengan anak-anak yang sedang sakit. Sangat disarankan juga bagi Anda untuk ekstra sabar dan juga menjaga kondisi tubuh agar tetap fit agar tidak ikut-ikutan sakit.

Jan 9 '19 · 0 comments

 

Penyakit asam urat bisa saja terjadi pasa seseorang dengan kandungan purin yang ada pada tubuh itu melebihi batas normal. Hal ini tentu penyebab utamanya adalah makanan yang banyak mengandung purin. Bahaya sekali jika sudah menderita penyakit tersebut dan tidak segera ditangani dengan baik, tentu tubuh akan mulai mengeluarkan tanda bahaya serta beberapa gangguan kesehatan. Salah satu yang cukup disayangkan ketika sudah sampai menumpuk dan terjadi gangguan pada ginjal lalu komplikasi pada sistem tumbuh lainnya.

 

Yang perlu diketahui bahwa pada dasarnya asam urat merupakan senyawa yang ada pada tubuh, selama kadar yang ada pada tubuh itu normal tentu saja tidak akan memberikan masalah kesehatan yang berlebih. Sering sekali penyakit asam urat yang muncul pada seseorang dikaitkan dengan faktor usia yang sudah lanjut. Padahal secara medis hal itu tidak menjadi pemicu utama, karena baik wanita, pria, usia muda ataupun tua mempunyai resiko yang sama. Meskipun memang pada lapangan lebih banyak kasus ditemukan pria dari pada wanita.

 

Tidak sedikit kasus penyakit asam urat yang tidak menunjukkan gejala apapun ketika diawal menyerang. Tetapi ketika sudah mengalami kondisi yang akut atau kronis, barulah penderita akan merasakan beberapa tanda tersebut. Nah, untuk tanda yang paling umum terjadi pada penderita yaitu:

 

  1. Nyeri pada bagian sendi yang secara parah dan mendadak sekali, ini umumnya muncul pada saat akan tertidur dan akan bangun tidur.
  2. Sendi pada beberapa bagian tubuh merasa bengkak.
  3. Sendiri yang terus dibiarkan sehingga memerah.
  4. Rasa panas berlebih pada sendi.
  5. Kaku yang dibarengi dengan kondisi sulit untuk digerakkan.

 

Diatas hanyalah gejala atau tanda paling umum yang terjadi, pada dasarnya ada beberapa gejala lain yang membedakan antara orang satu dengan lainnya. Hal yang paling dasar menjadi pembeda adalah tingkat keparahannya. Nah, berikut ini ada beberapa tanda yang perlu Anda kenali berdasarkan dengan keparahan dari asam urat yang telah diderita yaitu:

 

  1. Awal hanya satu sendi.

Ini merupakan tanda yang paling pertama kali muncul, nyeri hanya dirasakan pada satu sendi tubuh saja. Bisa pada bagian kaki, tangan, pergelangan, jari ataupun bagian tubuh lainnya yang pertama diserang.

 

  1. Mulai menambah.

Jika tanda yang pertama Anda biarkan, secara terus menerus akan menambah parah dan kambuh secara berulang-ulang. Umumnya waktu kambuh itu mulai dari 10 sampai dengan 30 menit sekali.

 

  1. Durasi makin lama.

Jika gejala yang muncul pada tubuh Anda dengan durasi yang lebih lama lagi itu artinya asam urat semakin parah. Bahkan hal itu bukan hanya terjadi sehari dua hari saja tetapi bisa juga sampai dengan berminggu-minggu.

 

  1. Beresiko ginjal.

Dan yang paling terakhir adalah asam urat yang terus dibiarkan dan bisa menyebabkan munculnya masalah pada ginjal. Ini umumnya asam urat membentuk peradangan, menempel pada bagian kemih dan menjadi sebuah batu. Nah, itulah yang disebut dengan batu ginjal akibat terjadinya asam urat.

 

Sebagai orang yang masih sangat awam sekali terhadap dunia medis tentunya perlu untuk mengetahui, setidaknya tanda atau gejala suatu penyakit. Hal ini sangat penting untuk memperlihatkan seberapa cepat diketahui dan ditangani untuk segera diobati. Jika sudah mengetahui dari awal tentu asam urat tidak akan menjalar dan semakin berimbas pada komplikasi masalah kesehatan pada tubuh. Itulah sedikit informasi yang bisa dibagi, semoga dapat bermanfaat.

 

Jan 3 '19 · 0 comments · Tags: penyakit, asam urat, kesehatan