Sukanto Tanoto Menjadikan Royal Golden Eagle Bersahabat dengan Masyarakat from kasep sekali's blog


Di Indonesia, terdapat ratusan atau bahkan ribuan perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, mulai dari produksi hingga jasa. Perusahaan-perusahaan ini mencari profit dengan memanfaatkan sumber daya alam atau sumber daya manusia, atau bahkan keduanya di Indonesia ini. Ratusan juta hingga triliunan rupiah mengalir deras ke dalam kantong pendapatan mereka berkat sumber daya negeri ini.

Mengingat begitu banyak hal yang bisa perusahaan dapatkan dari negeri Indonesia ini, tentu bukan hal aneh jika mempertanyakan kontribusi perusahaan-perusahaan ini mengenai apa yang dapat mereka berikan bagi masyarakat Indonesia. Biasanya, perusahaan-perusahaan ini memiliki apa yang disebut sebagai corporate social responsibility. Corporate social responsibility ini bisa bermacam-macam bentuknya, tergantung inovasi dan komitmen dari masing-masing perusahaan. Umumnya, perusahaan memilih bentuk yang paling mudah yakni dengan memberikan bantuan finansial kepada masyarakat sekitar lokasi industri.

Lain halnya dengan APRIL Group, anak perusahaan dari Royal Golden Eagle Group yang dimiliki oleh pengusaha ternama Sukanto Tanoto. APRIL sangat serius dan tidak meremehkan persoalan corporate social responsibility ini. Sesuai dengan komitmennya untuk menempatkan kepentingan serta kebutuhan masyarakat dalam top list prioritas mereka, APRIL Asia tak hanya menggelontorkan dana miliaran rupiah untuk sekedar bantuan finansial melainkan juga untuk program-program inovatif dan solutif lain yang manfaatnya tidak bersifat instan melainkan dapat dinikmati dalam jangka panjang. APRIL Indonesia memfokuskan sasaran corporate social responsibility mereka dalam dunia ekonomi, pendidikan, serta usaha kecil menengah (UKM). Sebab, 3 hal inilah yang menjadi landasan dalam kesejahteraan masyarakat, ditambah juga dengan perbaikan infrastruktur demi kenyamanan masyarakat dalam menjalankan aktivitas terutama yang berkaitan dengan roda perekonomian.

Salah satu program APRIL yang mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat dan terbukti sukses hasilnya ialah program mitra binaan. Koperasi Karya Bersama telah membuktikan keberhasilannya melalui program mitra binaan yang diadakan oleh APRIL Group ini. Koperasi yang didirikan oleh beberapa warga asli Tanjung Padang, Riau. Tujuannya, untuk menyejahterakan serta memperbaiki kualitas hidup masyarakat sekitar. Sejak menjadi mitra binaan dari APRIL, koperasi ini menyediakan beberapa alat untuk keperluan industri seperti speed boat, water tank, hingga truk yang dibutuhkan keberadaannya oleh PT Riau Andalan Pulp and Paper yang masih anak perusahaan dari APRIL Group. Koperasi Karya Bersama ini pun terus menuai hasil dan semakin berkembang, bahkan hingga mampu menyediakan lapangan kerja yang layak bagi penduduk sekitar. Hasil baik yang ditunjukkan oleh Koperasi Karya Bersama ini membuatnya mendapat kepercayaan dari PT RAPP untuk mengelola kebun bibit pada tahun 2015 silam.

Untuk terus mengembangkan kualitas organisasi yang menjadi mitra binaannya, PT RAPP juga rutin menyelenggarakan sejumlah pelatihan yang beragam jenisnya, seperti manajemen, perdagangan, ataupun teknologi demi meningkatkan skill dari anggotanya. Ini tentu sangat dirasakan manfaatnya oleh para anggota Koperasi Karya Bersama. Berkat program mitra binaan dengan APRIL Group ini, Koperasi Karya Bersama pun kini sukses besar dengan omset mencapai 50 hingga 60 juta setiap bulannya, dapat membuka lapangan pekerjaan, serta mewujudkan cita-cita awalnya untuk menyejahterakan serta memperbaiki kualitas kehidupan dan bersahabat dengan masyarakat sekitar.


 , 

 

 


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment