kasep's blog



Saat Anda berada di kantor, karang Anda mendapati sebuah alat elektronik yang bentuknya seperti router yang dipergunakan dalam jaringan LAN. Alat tersebut disebut dengan Private automatic branch exchange atau yang dikenal dengan nama PABX. Alat tersebut berfungsi untuk switchboard di sistem telepon internal yang ada di kantor. Harga dari PABX bervariasi. Ada PABX murah dan ada yang harganya cukup mahal yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Alat tersebut mempunyai banyak sambungan kabel yang mengarah ke switchboard. Alat ini bisa dikatakan sebagai alat dengan teknologi yang cukup canggih karena tidak hanya dapat dipergunakan untuk telepon namun juga dapat dipergunakan sebagai modem dan mesin fax, alat komunikasi internal untuk para karyawan yang ada di kantor. Pada dasarnya, PABX ini adalah modem yang memiliki fungsi untuk control station pusat sehingga nantinya ketika ada telepon baru yang masuk, sambungan tersebut akan di routing atau diarahkan lewat control station tersebut yang sudah dimasukkan kode tertentu untuk nomor telepon yang ada di kantor sehingga masing-masing telepon tersebut memiliki extension yang berbeda. Nantinya dengan menggunakan nomor ekstensi sebagai kode tersebut, panggilan akan diarahkan ke telepon dengan kode yang sesuai.

 

Baik yang murah ataupun yang berharga mahal bisa diprogram sehingga nantinya akan muncul kata sapaan setiap kali ada telepon masuk sebelum akhirnya akan diarahkan ke tujuan atau maksud dari penelpon tersebut seperti yang Anda dengarkan saat Anda menelepon operator seluler Anda. Tidak hanya untuk telepon, PABX juga bisa diprogram untuk bisa diarahkan atau disambungkan ke mesin fax misalnya ke beberapa nomor tujuan fax.

 

PABX ada juga yang dapat digunakan untuk sistem komputer. PABX ini bisa dipergunakan untuk melacak setiap adanya telepon baik yang masuk ataupun telepon yang keluar. Manfaat lainnya dari PABX adalah:

 

  • Bisa digunakan untuk mengetahui pengguna dari telepon karyawan yang digunakan tidak dengan semestinya, misalnya menelepon dalam waktu yang cukup lama untuk menelepon pacar.

  • Auto attendat yang bisa mengarahkan penelpon masuk secara otomatis ke nomor tertentu sehingga cocok dipergunakan di kantor yang berskala besar karena sering mendapatkan telepon masuk.

  • Conference call sehingga bisa dijadikan solusi untuk meeting dadakan.

 

Salah satu PABX murah yang dapat Anda pilih adalah Alcatel. Produk PABX dari Alcatel ini sudah terbukti kualitasnya. Salah satu yang dapat Anda pilih adalah OXO Connect. Alat yang dapat menyimpan data hingga 300 user sehingga cocok untuk Anda pergunakan di kantor Anda. dilengkapi dengan cloud based memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan pelayanan komunikasi yang maksimal. Dengan menggunakan PABX ini dapat meningkatkan pelayanan salah satunya adalah adanya suara sapaan saat adanya panggilan masuk dari konsumen sebelum akhirnya diarahkan ke CS untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh konsumen.


Apr 9 '18 · 0 comments · Tags: pabx, pabx murah