Tips Buang Air Kecil yang Sopan Saat di Tempat Umum from kasep sekali's blog


 

Kebutuhan ke kamar mandi merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi untuk kesehatan tubuh Anda. Baik buang air besar maupun kecil tak boleh ditunda-tunda begitu Anda merasakannya. Menunda rasa buang hajat akan membuat kesehatan Anda terganggu apalagi jika dilakukan dalam waktu yang lama. Namun hal ini sering dilakukan terutama ketika melakukan perjalanan jauh atau berada di tempat asing sehingga Anda merasa kurang nyaman untuk melakukan buang hajat tersebut. Namun jangan membuat hal ini merugikan kesehatan Anda apalagi untuk buang air kecil karena bisa merusak ginjal dan kandung kemih.

 

Di perjalanan atau di tempat umum, kini sudah banyak dibangun kamar mandi umum yang bisa digunakan untuk membuang hajat atau membersihkan diri. Berikut ini adalah tempat-tempat yang bisa Anda gunakan ketika akan buang air namun belum berada di rumah:

 

        Pom bensin.

        Mini market.

        Mall.

        Mall atau gedung perbelanjaan dan perkantoran.

        Rumah sakit.

        Restoran.

 

Ketika berada di perjalanan, dan merasa akan buang air, segeralah mencari salah satu tempat tersebut di atas untuk meminta ijin menggunakan toilet yang disediakan untuk umum. Beberapa lokasi mengharuskan Anda untuk membayar jasa kebersihan toilet seperti di pom bensin atau pelabuhan dan terminal, namun di lokasi lain kamar mandi disediakan gratis untuk pengunjung seperti di mall atau gedung bioskop.

 

Meski Anda tak mengenal siapa yang memiliki dan akan menggunakan kamar mandi yang sudah Anda gunakan, namun Anda tetap harus menjaga cara Anda untuk buang air agar sesuai dengan tata cara yang seharusnya. Berikut ini adalah beberapa adab cara buang air di tempat umum yang sopan dan benar:

 

  1. Meminta ijin kepada pemilik atau penjaga kamar mandi jika ada.
  2. Melepas alas kaki jika terdapat perintah untuk itu.
  3. Jika disediakan kloset maka buang airlah di kloset tersebut meski hanya BAK saja.
  4. Guyur kloset hingga bersih dan jernih kembali.
  5. Gunakan air secukupnya dan matikan keran setelah meninggalkan kamar mandi.
  6. Bayarlah biaya jasa kamar mandi jika ada.
  7. Jagalah kebersihan dengan tidak membuang kotoran pada kloset namun di tempat sampah yang disediakan.

 

Meski tidak dituliskan namun adab tersebut seharusnya dilakukan untuk menjaga kebersihan dari kamar mandi umum yang bisa dimanfaatkan oleh banyak orang. Jika hal tersebut dilakukan, maka setiap orang akan menggunakan kamar mandi umum yang bersih sehingga tidak lagi enggan membuang hajat meski tidak berada di rumah sendiri. Namun untuk beberapa kondisi jika memang tidak memungkinkan menggunakan kamar mandi umum karena kesulitan misalnya berada di alat transportasi yang tidak memiliki toilet padahal perjalanan jauh, Anda bisa menyediakan popok sekali pakai untuk buang air kecil pada anak-anak maupun untuk dewasa.


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment