Efisiensi Produksi PT. RAPP Diakui Dunia from tania bae's blog

Terbentuknya suatu barang pasti dikarenakan proses produksi yang cukup rumit di perusahaan. Bahan baku mentah yang tidak bernilai bisa disulap menjadi barang yang bernilai ekonomi berkat proses produksi. Proses produksi barang pun semestinya dilakukan dengan baik dan tepat serta harus bisa dilakukan seefisien mungkin. Keefisienan produksi bisa membuat biaya produksi suatu barang menjadi lebih minim dan juga bisa menjaga dampak negatif yang mungkin terjadi dari proses produksi. Hal tersebut juga berlaku pada industri kertas, kertas yang semula berawal dari bahan baku kulit kayu, kemudian diolah dan diproses agar bisa berubah bentuk menjadi selembar kertas. Proses pengolahan yang dilakukan dari kulit kayu hingga menjadi selembar kertas tentu tidaklah mudah, diperlukan pemecahan kayu terlebih dahulu hingga menjadi bubur kertas atau pulp.

Industri kertas di Indonesia cukup mengalami perkembangan pesat. Dirajai oleh PT. RAPP yang berada di Riau, perusahaan ini menuai banyak prestasi yang mengagumkan. Perusahaan Riau Andalan Pulp and Paper ini dikenal menjadi salah satu perusahaan yang menduduki posisi kelima sebagai perusahaan dengan proses produksi terefisien di dunia. Prestasi yang membanggakan ini ditengarai sebagai hadiah atas jerih payah PT. RAPP yang senantiasa memperbaiki mutu dan keefisienan produksi perusahaannya. Dapur produksinya pun diklaim memiliki mesin dan teknologi canggih kelas internasional agar bisa menekan tingkat emisi karbon akibat produksinya. Belum lagi, berbagai kerja sama PT. RAPP dengan banyak lembaga penelitian internasional salah satunya IVL asal Swedia. Kerja sama dengan IVL ini bertujuan untuk mengukur tingkat emisi karbon yang dihasilkan oleh PT. RAPP dan bagaimana caranya menekan tingkat emisi karbon tersebut. Berkat dari kerja sama ini adalah inovasi dalam memproduksi kertas yang baru, yaitu dengan menggunakan energi gas dan sisa pengolahan kayu. Inovasi bahan bakar produksi dijadikan fokus utama oleh PT. RAPP karena apabila bahan bakar yang digunakan tetap menggunakan solar, maka akan emisi karbon yang dihasilkan dari setiap ton kertasnya akan semakin meningkat. Untuk itulah diperlukan pergantian bahan bakar dengan menggunakan sisa pengolahan kayu dan energi gas agar bisa menekan angka emisi karbon dari hasil produksi.

Selain pergantian bahan bakar, yang dilakukan oleh PT. RAPP  Riau adalah dengan efisiensi  air dan listrik sebagai upaya untuk penghematan energi. Berkat mesin dan teknologi canggih sebagai alat produksi kertas, maka energi yang dibutuhkan menjadi jauh lebih sedikit dan irit. Sekalipun jam kerja mesin yang 24 jam non-stop akan tetapi keunggulan teknologi canggih yang diakui internasional ini mampu menekan energi yang keluar akibat produksi bisa seminim mungkin. Kedua hal inilah yang menyebabkan RAPP menjadi salah satu perusahaan di dunia yang memiliki proses produksi terefisien.

Perusahaan ini memang memiliki keunikan tersendiri dalam menjalankan perusahaanya. Keunikan perusahaan RAPP ini adalah dengan tetap mempertahankan prinsip, agar selain memproduksi dan memperoleh keuntungan, bisnis mereka haruslah bisa memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat dan lingkungan. Sehingga tidak heran, apabila perusahaan ini menjadi 5 besar perusahaan dengan proses produksi terefisien di dunia. Karena dengan menerapkan prinsip keberlanjutanitu berarti perusahaan harus bisa berproduksi seefisien agar kualitas udara untuk masyarakat sekitar tetap terjaga. Sikap inilah yang patut menjadi teladan untuk seluruh pengusaha di Indonesia, agar selain berbisnis mereka tetap memperhatikan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan di sekelilingnya.

Ref:

https://ekbis.sindonews.com/read/1156461/34/rapp-target-jadi-produsen-kertas-terbesar-kedua-di-dunia-1479468104

http://www.tribunnews.com/bisnis/2017/09/18/kisah-nani-yang-terbang-ke-tiga-negara-ini-berkat-program-beasiswa-rapp

Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment