4 Hal Wajib Diperhatikan Menentukan Spek Komputer untuk Gaming from tania bae's blog

Bermain video game semakin seru memakai komputer namun pastikan dulu jika spek komputer untuk gaming memang sudah terpenuhi. Pasalnya komputer baik PC maupun laptop yang dijajakan di berbagai toko komputer tidak semuanya aman dipakai bermain game. Dibutuhkan spesifikasi khusus untuk menjadikan sebuah perangkat komputer layak dan mendukung untuk bermain game. Rata-rata spesifikasi tinggi menjadi ciri khas dari komputer khusus untuk gaming tak pelak menjadikan harganya sangat fantastis. Inilah alasan pecinta game memilih membeli komputer rakitan yang lebih ekonomis. 


Perhatian Penting Saat Membeli Komputer Gaming 


Entah akan memilih komputer pabrikan atau rakitan pastikan memang ditujukan untuk kegiatan gaming. Sebelum memilih baiknya perhatikan beberapa hal penting di bawah ini: 


1. Melirik prosesor yang ditanamkan, 

Prosesor ini menjadi otak dari perangkat komputer dan untuk komputer gaming idealnya memakai prosesor dengan kelas tinggi. Sebab aplikasi atau program game di komputer ini merupakan aplikasi berat yang ketika dijalankan akan memaksa prosesor bekerja keras. Jika jenis prosessornya terlalu standar maka akan cepat rusak, jadi daripada komputer mati mendadak usai dipakai bermain game. Sebelum dibeli cek dulu kelas prosesor yang digunakan. 


2. Tengok jenis kartu grafisnya, 

Kartu grafis pada komputer berperan penting dalam kebutuhan visual yang nantinya berkaitan langsung dengan tampilan pada layar komputer. Komputer gaming secara ideal memerlukan spesifikasi kartu grafis yang juga terbilang tinggi. Apalagi banyak jenis game baru yang tidak bisa dijalankan jika komputer yang dipakai masih memakai kartu grafis yang standar bahkan versi lama. Maka penting sekali untuk memperhatikan sektor kartu grafisnya, supaya visualnya maksimal dan bisa memainkan lebih banyak game baru. 


3. Memperhatikan kapasitas RAM, 

RAM adalah ruang penyimpanan sementara yang dilalui oleh aplikasi atau program apa saja yang tengah dijalankan. Semakin besar kapasitas RAM di dalam komputer semakin nyaman untuk multitasking, menjalankan aplikasi berat, dan browsing. Khusus untuk komputer gaming disarankan mencari yang RAM-nya besar supaya bermain game tidak mudah error. Minimal komputer yang diambil memiliki RAM 4GB, akan lebih baik jika kapasitasnya semakin besar. Malahan bisa menunjang keinginan memainkan game keluaran terbaru. 


4. Memperhatikan kapasitas pada harddisk, 

Selain RAM yang menjadi ruang penyimpanan sementara, memperhatikan kapasitas harddisk pada komputer gaming juga sangat penting. Lebih aman jika komputer tersebut memiliki harddisk dengan kapasitas lebih dari 500GB. Ruang penyimpanan harddisk ini berfungsi sebagai ruang penyimpanan aplikasi game itu sendiri. Semakin besar kapasitasnya semakin memungkinkan untuk menyimpan dan menginstal aplikasi game terbaru. Pasalnya game terbaru biasanya memiliki ukuran file yang sangat besar, jika dijalankan di spek komputer untuk gaming yang di bawah standar maka akan muncul masalah.


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment